Ragam Ekskul di SDN Polehan III Mendorong Prestasi dan Kompetisi

Selasa, 10 April 2012 13:56:56 - Posting by redaksi - 1403 views

Gebrakan Dinas Pendidikan Kota Malang untuk ‘mengirim’ tenaga potensial di jenjang atas sebagai kepala sekolah dasar, memberi dampak positif. Tidak saja terdapat lompatan kemajuan fisik maupun akademis, geliat kegiatan ekskul juga makin tampak. Kondisi itu tampak pada SD Negeri Polehan III sejak dipimpin oleh Anny Yulistiowati SPd yang sebelumnya guru pada SMPN 5.

Dalam satu tahun terakhir, anak didik sekolah ini berhasil merengkuh setidaknya 26 piala dari berbagai bidang lomba, termasuk dari kegiatan ekskul. Selain prestasi, Anny menyebut bahwa ekskul bisa menjadi solusi untuk meredam tindak kekerasan anak. Sebab anak memiliki saluran untuk mencurahkan emosi, mengarahkan mereka dengan melakukan tindakan-tindakan yang positif.

“ Karena itu, seyogyanya semua pihak, baik pemerintah, guru, dan orangtua ikut serta menghiduphidupkan ekskul dengan harapan dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi,” jelas Anny

Saat ini , di SD Negeri Polehan III terdapat 15 unit ekskul di antaranya eskul Qiroati, belajar mengaji, seni lukis, seni membatik, pemanfaatan limbah, seni angklung, dan lain-lain. Siswa dibebaskan dalam memilih jenis ekstrakulikuler yang sesuai dengan bakat dan minat dan hendaknya semua yang berkepentingan ikut mengarahkan dalam kegiatan eskul dengan harapan tindakan kekerasan akan berkurang.

Sementara itu Anny menekankan adanya penghargaan bagi siswa eskul yang mampu meraih juara di ajang perlombaan. Seperti menampilkan anak yang berprestasi dengan dipamerkan dalam acaraacara tertentu kepada teman- temannya. “Harapan akan menambah semangat siswa tersebut dan menggugah teman-teman yang melihatnya, agar dapat mampu juga berprestasi seperti siswa tersebut. .mir-KP

Tags #dan #di #ekskul #iii #kompetisi #mendorong #polehan #prestasi #ragam #sdn