Semeru Aktif, Tagana Bagikan 500 Masker

Sabtu, 3 Maret 2012 10:33:24 - Posting by redaksi - 452 views

Gunung semeru kembali menunjukkan aktivitasnya dan membuat kekhawatiran warga yang tinggal di sekitar gunung setinggi 3.676 dibawa permukaan laut (dpl) tersebut. Untuk mengantisipasinnya, Senin (27/02/2012) Sedikitnya 500 masker dibagikan kepada warga Dusun Sukosari, Desa Pandansari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

 

Pembagian masker itu menurut  koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Malang, Twi Adi, karena warga sekitar gunung mendengar kabar adanya meningkatnya aktivitas gunung semeru yang mengeluarkan abu yang mengakibatkan batuk dan nafas menjadi sesak.

 

Selain itu, pihak Tagana juga mensosialisasikan kepada warga masyarakat, terutama kalangan ana-anak untuk membiasakan menggunakan masker sebagai langkah antisipasi, karena gunung yang ada di perbatasan kabupaten Malang dengan kabupaten Malang itu sudah beberapa kali mengeluarkan abu.

 Terpisah, Sekretaris BPBD Lumajang Hariyanto mengatakan, aktivitas Gunung Semeru masih didominasi gempa embusan. Menurutnya, secara visual hari ini cuaca terang dengan suhu 23 derajat Celcius. “Data dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, mencatat ada 65 kali gempa embusan, 12 kali letusan, 11 kali gempa guguran, dan empat kali gempa tektonik jauh,”urainya.

 

“Meski demikian, sejauh ini aktivitas warga yang ada di sekitar gunung Semeru masih normal dan belum ada hal-hal yang mengkhawatirkan. Kami selalu menerima laporan dari PPGA Semeru tentang aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, karena status Semeru yang meningkat menjadi Siaga (Level III),” pungkas Hariyanto.asa-KP

 

 

 

 

 

 

Tags #aktif #bagikan #masker #semeru #tagana #500