|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Presensi Kabupaten Malang » KKM MTsN Malang 3 Dibekali Workshop Pendidikan Karakter

KKM MTsN Malang 3 Dibekali Workshop Pendidikan Karakter

Rabu, 29 Agustus 2012 13:44:51  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 785
KKM MTsN Malang 3  Dibekali Workshop Pendidikan Karakter

GONDANGLEGI – Pendidikan karakter dan pekerti bangsa menjadi menu wajib dalam stuktur kurikulum pendidikan madrasah tahun ini. Tak terkecuali, di lingkungan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Negeri Malang 3, telah mengawalinya dengan menggelar workshop pembelajaran berbasis karakter, selama 7-9 Agustus lalu.
Sejumlah guru dari 34 lembaga MTs anggota KKM MTsN Malang 3 menjadi peserta workshop ini. Secara khusus, kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang Akhiyar MAg menjadi narasumber. Selain itu, praktisi pendidikan Universitas Negeri Malang, Dr Umi Dayati MPd, menjadi fasilitator pengembangan silabus KTSP dan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan karakter.
Dalam paparannya, Kankemenag Akhyar menuturkan, karakter harus dibentuk dan harus dimulai dari tauladan guru. Apalagi, guru tidak semata mengajar, tapi juga garus mendidik. “Jika didapati penyimpangan karakter pada siswa, solusinya adalah pendidikan agama,” demikian Akhiyar.
Terpisah, Saadi SPd, waka kesiswaan MTsN Malang 3 mengatakan, pendidikan karakter sejatinya sudah setiap hari diterapkan dalam pembelajaran di madrasah. Apalagi, pembelajaran yang dilakukan selama ini selalu diperkuat dengan pendidikan agama. Salah satunya, pendidikan aqidah dan akhlaq.
Salah satu penerapannya, kegiatan pondok ramadan siswa MTsN Malang 3 sengaja digelar sehari penuh dan bermalam di lingkungan pondok pesantren Sirathul Fuqaha Sepanjang, Gondanglegi. sehari-harinya, sekitar 40 persen dari setidaknya 900 siswa MTsN ini mengenyam pendidikan agam di ponpes ini.
“Bimbingan mengaji kitab tentang akhlaq juga diberikan pada jam-jam efektif pembelajaran pada siswa,” demikian Amirul Huda SPd, guru agama MTsN Malang 3, di sela-sela kegiatan pondok ramadan, belum lama ini. min-KP

Baca "Presensi Kabupaten Malang" Lainnya

Komentar Anda