|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Wacana » Memanfaatkan Media Audio Visual untuk Pembelajaran

Memanfaatkan Media Audio Visual untuk Pembelajaran

Rabu, 29 Agustus 2012 14:24:08  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 3016
Memanfaatkan Media Audio Visual untuk Pembelajaran

Kemajuan yang dicapai manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dimanfaatkan dalam dunia pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah media media audio visual. Media ini memiliki keunggulan karenan dapat menyampaikan pengertian atau informasi dengan cara yang lebih konkrit atau lebih nyata daripada yang dapat disampaikan oleh kata-kata yang diucapkan. Dengan melihat sekaligus mendengar, orang yang menerima pelajaran dapat lebih mudah dan lebih cepat mengerti.
Apalagi, proses pembelajaran saat ini didominasi dengan sebatas sebagai proses penyampaian materi pembelajaran. Mayoritas metode pembelajaran yang selama ini masih ditekankan pada hafalan, dan ceramah, penyampaian materi ini kurang variatif, tidak menggunakan media audio visual. Akibatnya, siswa kurang memahami manfaat apa yang telah dipelajarinya. Tujuan guru menggunakan media audio visual disini adalah untuk meningkatkan kualitas siswa dalam proses belajar mengajar, memudahkan siswa untuk belajar, untuk memudahkan guru dalam menjelaskan tentang materi pelajaran.
Proses penggunaan media audio visual sebaiknya dilakukan dengan cara yang terkontrol. Misalnya, waktu yang digunakan harus terjadwal, supaya proses belajar mengajar menjadi baik dan efektif. Sebelum menggunakan media audio visual, guru harus mempunyai langkah persiapan, pelaksanaan, kegiatan lanjutan, serta adanya sarana prasarana yang mendukung dalam pembelajaran seperti, televisi, video, komputer, dan LCD dan adanya Lab 3 bahasa, sehingga menjadikan siswa lebih tanggap, pintar, cermat dalam menggunakan teknologi. Adapun yang menjadi hambatan dalam proses penggunaan media audio visual ialah kurangnya fasilitas (minim), keterlambatan siswa, keterbatasan waktu, dan kebanyakan guru menggunakan metode yang lama seperti ceramah, sehingga pembelajaran yang dilakukan guru cenderung menonton dan membosankan, kondisi ini terdampak terhadap belajar siswa. Setelah menggunakan media audio visual hasil yang diperoleh siswa lebih baik dibandingkan tidak menggunakan media audio visual. Jadi, menggunakan media audio visual sudah mencapai keberhasilan bagi guru dan siswa, sebab media audio visual bermanfaat bagi guru dan siswa pada proses belajar mengajar.
Saran yang ditawarkanpenulis tentang penggunaan media audio visual adalah harus diadakan pelatihan bagi guru yang belum bisa menggunakan teknologi, sehingga menjadikan guru yang berkualitas dan perlu ditambahkan sarana prasarana. Harus ada pelatihan bagi guru-guru yang belum bisa menggunakan teknologi, sehingga menjadikan guru yang berkualitas. Agar dapat menggunakan alat peraga atau media pengajaran secara bijaksana, guru hendaknya, antara lain. Pertama, memahami dengan baik fungsi media dari media pendidikan. Kedua, dapat mempergunakan alat pelajaran secara tepat dan efisien, dapat memilih dan mengembangkan alat pelajaran sesuai dengan tujuan pengajaran dan hasil belajar yang diharapkan. Ketiga, dapat memelihara dan mengelola alat pelajaran dengan baik. Keempat, dapat menimbang sendiri baik buruknya penggunaan alat pelajaran untuk suatu kegiatan belajar tertentu. Kelima, dapat memanfaatkan alam sekitar sebagai media pendidikanUntuk
itu lembaga pendidikan diharapkan memfasilitasi kebutuhan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. (*)

Baca "Wacana" Lainnya

Komentar Anda