|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Presensi Kota Batu » Bosda, Cair Akhirnya...

Bosda, Cair Akhirnya...

Kamis, 27 September 2012 10:21:24  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 566
Bosda, Cair Akhirnya...

Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah, (Bosda) akhirnya cair, setelah terlambat sejak Mei lalu, Rabu (19/4). Tentu saja pencairan Bosda itu disambut senang oleh pengelola sekolah. “Ya, kita sudah menandatangani permohonan sejak Mei lalu, sekarang baru cair. Meski demikian kita tetap senang,” urai Sugeng Subagyo, Kepala SMP Dharus Solihin, pekan lalu kepada KORAN PENDIDIKAN.
Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, RM Zakaria mengatakan keterlambatan itu bukan kesengajaan. Melainkan perubahan mekanisme pencairan. Dimana yang terbaru harus sesuai dengan Permendagri No 59/2012 tentang keuangan daerah. “Karena perubahan itulah membuat SPJ yang telah dibuat harus dirubah. Kemudian pencairan Bosda tahap 2 ini juga harus melalui PAK,” jelas Zakaria.
Lebih jauh dijelaskan Zakaria, karena melalui PAK atau persetujuan dewan, maka alurnya lebih panjang. Setelah disetujui dewan Batu masih perlu diketahui oleh Gubernur, sehingga baru September bisa dicairkan.Selain itu, dana langsung dikirim ke nomor rekening sekolah. Karena ada perubahan maka mrubah semua nomor rekening lama. “Untuk total mulai SD hingga SMA sederajat mencapai lebih dari Rp 4 miliar,” tambahnya.
Zakaria juga menyebutkan pula total dana Bosda tahun ini sebesar Rp7 miliar. Terbagi dua tahap, tahap pertama April lalu dan tahap kedua September. Terpisah Kepala Bagian Hukum Pemkot Batu, Sugeng Mulyono mengatakan, pihak Dinas Pendidikan (Dindik) sudah mengajukan pencairan tersebut. .“Sebelumnya (pengajuan) dinas pendidikan memang diminta memperbaiki mengenai kode rekening pencairan, dan sekarang SK-nya sudah benar. Kini sudah cair,”kata Sugeng.
Selain bosda, Pemkot juga akan mencairkan dana bantuan untuk siswa kurang mampu setingkat SMA/SMK. Pencairannya juga dilakukan dalam dua termin. Termin pertama, dari 23 SMA/SMK, jumlah siswa yang sudah menerima ada 479 orang. Setiap siswa mendapat dana itu sebesar Rp 780.000. Dengan demikian, pemkot akan mencairkan dana sebesar Rp 373,6 juta. Sedangkan pada termin kedua, dari 23 SMA/SMK itu, terdapat penurunan data siswa yang bakal mendapat bantuan ini, yakni sebanyak 462 siswa. Jumlah dana yang akan dicairkan sebanyak Rp 360,3 juta..jun-KP

Baca "Presensi Kota Batu" Lainnya

Komentar Anda