|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Metro » Festival Ken Dedes Kembali Digelar

Festival Ken Dedes Kembali Digelar

Rabu, 10 Oktober 2012 11:28:23  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 1315
Festival Ken Dedes Kembali Digelar

Untuk menghayati dan mengenang sosok Ken Dedes sebagai ikon kota Malang dan juga yang turut melahirkan raja-raja di kerajaan Jawa, disbudpar kota Malang kembali akan menggelar festival Ken Dedes pada 14 Oktober mendatang. Gelaran ini merupakan even yang kedua, dan hingga saat ini sudah ada 250 peserta yang mendaftarkan diri ke pihak panitia. Jumlah itu terbagi dalam 21 kelompok, dimana tiap kelompok terdiri dari 10-12 orang. Peserta yang sudah dan mau ikut even ini tidak dibatasia, artinya bisa dari sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat umum.
Demikian yang disampaikan kepala Disbudpar kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin lalu. Bagi masyarakat yang mau ikut, kata dia, bisa mendaftar di kantor UPT disbudpar yang ada di lingkungan Tarekot Malang, dan tidak dipungut biaya. Ida menambahkan, bahwa tidak ada syarat khusus bagi peserta, yang terpenting adalah busana yang dikenakan menunjukkan sosok Ken Dedes.
Pada tahun ini, selain akan dipilih putri Ken Dedes, juga akan dicari raja Ken Arok terbaik. Pihak panitia menyediakan total hadiah sebesar Rp 11,5 juta sebagai uang pembinaan serta trophy dan piagam penghargaan. Pemenang nantinya juga akan mendapat selempang khusus. Untuk mendongkrak jumlah peserta, pihak disbudpar telah mengirimkan undangan kepada beberapa sekolah, perguruan tinggi, kelurahan dan kecamatan yang ada di kota Malang. Sedangkan diadakannya pemilihan raja Ken Arok pada tahun ini, menurut Ida, merupakan usulan dar masyarakat. Terlepas dari itu, Ken Arok juga merupakan tokoh dan ikon bagi kota Malang.
Gelaran ini akan digeber pada 14 Oktober mendatang, pukul 12.00 wib dari jalan Simpang Balapan dan akan finish di jalan Ijen, atau tepatnya di depan gereja. Sebelum salah satu agenda tahunan pemkot Malang ini dimulai, akan diawali dengan kunjungan ke situs Ken Dedes yang ada di jalan Polowijen tanggal 12 Oktober pukul 15.00 WIB.

“Dengan adanya gelaran ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat, khususnya para generasi muda calon penerus bangsa ini. Lebih khusus lagi mnegenai sejarah kerajaan Jawa dan yang ada di Malang,” pungkas Ida..asa-KP

Baca "Metro" Lainnya

Komentar Anda