|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Ekskul » Ekskul Dokter Kecil SDN Ardimulyo 01 Singosari Siaga Pertolongan Pertama

Ekskul Dokter Kecil SDN Ardimulyo 01 Singosari Siaga Pertolongan Pertama

Senin, 19 Maret 2012 13:56:24  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 1149
Ekskul Dokter Kecil SDN Ardimulyo 01 Singosari Siaga Pertolongan Pertama

 

Untuk membekali ketrampilan kesehatan pada anak didik, SDN Ardimulyo 01 mengajarkan tentang cara Pertolongan Pertama pada Kecelakaan(P3K) di sekolah melalui ekstrakurikuler dokter cilik yang dipandu oleh pembimbing khusus. Selain membekali ketrampilan cara penanganan P3K pada pasien, sekolah juga memfasilitasi dengan ruangan khusus bagi pasien yang sakit yang sering disebut UKS.

 

Menurut Kepala SDN Ardimulyo 01, Bambang SK, UKS-nya lengkapi aneka obat-obatan ringan lengkap untuk menangani pasien. Sekolah juga bekerjasama dengan Puskesmas Desa Ardimulyo, lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki program keahlian tentang kesehatan seperti; Akper, Farmasi Unair dan sebagainya. Misalnya; dengan mengirimkan mahasiswanya untuk melakukan pelatihan-pelatihan kesehatan termasuk pada pelatihan dan pengetahuan tentang P3K terhadap siswa.

Dokter Kecil masuk dalam pembelajaran di luar kelas dengan tujuan membekali siswa tentang ketrampilan dan pengetahuan tentang P3K terhadap pasien. “Untuk menjadi anggota dokter kecil tidak semua siswa bisa mengikuti tetapi melalui seleksi kelayakan,” urai Bambang SK.

Anggota dokter kecil dari siswa terpilih kelas 4sampai 6 yang disiagakan secara bergilir dan terjadwal bertugas dalam menangani siswa lain yang sakit untuk dilakukan pertolongan pertama. “Selain ekskul dokter kecil, SDN Ardimulyo 01 juga memilikiekskul tari yang diajarkan setiap Senin, ekskul kosidah modern setiap Selasa, bela diri pencak silat pada Rabu, seni lukis Kamis sedangkan pramuka dan dokter kecil hari Sabtu,” pungkasnya. .sup-KP

 

 

Baca "Ekskul" Lainnya

Komentar Anda