|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Jawa Timur » Dinas Pendidikan Jawa Timur Sikapi Kesenjangan Jumlah Guru, Terapkan Kependidikan Kewenangan Tambaha

Dinas Pendidikan Jawa Timur Sikapi Kesenjangan Jumlah Guru, Terapkan Kependidikan Kewenangan Tambaha

Rabu, 2 Mei 2012 11:25:16  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 815
Dinas Pendidikan Jawa Timur Sikapi Kesenjangan Jumlah Guru, Terapkan Kependidikan Kewenangan Tambaha

Menyikapi turunnya Surat Keputusan Bersama (SKB) Lima Menteri No 5/2011 tentang Redistribusi Guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur segera mengambil langkah untuk memenuhi pemerataan kebutuhan guru di semua kabupaten/kota. Untuk menjamin tidak adanya mutasi antar daerah, tengah digagas model bernama Kependidikan Kewenangan Tambahan (KKT)

 

Model ini mengemuka saat Kepala Dinas Dikbud Jawa Timur, Harun, mengumpulkan guru se Jatim, pekan lalu. Dijelaskan Harun, KKT ini akan memberikan kewenangan pada guru untuk mengambil mata pelajaran yang dibutuhkan oleh daerahnya. “Jika satu daerah ada kelebihan mapel Bahasa Indonesia dan kekurangan Mapel PPKn, maka guru yang lebih itu diikutkan KKT untuk mapel PPKn,” jelas Harun.

Dengan model ini, lanjut Harun, dipastikan guru pada setiap daerah akan aman dari mutasi ke daerah lain. Sebab daerah nantinya bisa merancang sendiri kebutuhan gurunya sekaligus memetakan guru yang diberikan KKT ini. Disinggung faktor kelinieran kompetensi keilmuan guru, Harun menegaskan bila hal itu tetap dilindungi perundangan. “Tidak ada masalah kok, tidak sampai melanggar perundangan,” tegasnya. 

Selain KKT, model lain yang juga dolakukan adalah menggabungkan sekolah yang berdekatan, memindahkan guru kejenjang yang lain dengan memberikan pembekalan terlebih dulu. Juga dilakukan pemberian beban tambahan pada guru yang jam mengajarnya kurang menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah serta menarik guru swasta ke sekolah negeri sehingga memenuhi beban mengajarnya.

"Ini sesuatu yang relevans dan positif dalam menyikapi SKB 5 menteri. Hasilnya akan kami kirimkan ke Gubernur dan akan diteruskan ke Mendikbud,” pungkas Harun..mas-KP

 

BOKS

 

Peta Kebutuhan Guru 

Di Jawa Timur

 

Jenjang SD

Guru Dibutuhkan : 169.373 orang

Guru Saat ini : 131.854 orang

Kekurangan : 38.267 orang

Kelebihan : 311 orang

(pada mapel tertentu)

JENJANG SMP

Guru dibutuhkan : 43.076 orang

Guru Saat ini : 42.121 orang

Kekurangan : 5.692 orang

Kelebihan : 4.276 orang

(pada mapel tertentu)

JENJANG SMA

Guru Dibutuhkan : 16.300 orang

Guru Saat ini : 16.683 orang

Kekurangan : 2.310 orang

Kelebihan : 1.844 orang

(pada mapel tertentu)

JENJANG SMK

Guru Dibutuhkan : 16.411 orang

Guru Saat ini : 11.713 orang

Kekurangan : 335 orang

Kelebihan : 4.991 orang 

(pada mapel tertentu)

 

*) Jenjang SMA/SMK kelebihan guru mata pelajaran IPA, IPS dan Matematika. Sedangkan yang paling banyak kurang guru mata pelajaran PPKN

*) Jenjang SMK untuk guru mata pelajaran yang saat ini mengalami kekurangan adalah program produktif seperti teknologi, bisnis manajemen, dan pariwisata.

Baca "Jawa Timur" Lainnya

Komentar Anda