|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Topik Utama » Pisahkan Dana TPP dari Konsep Dekonsentrasi

Pisahkan Dana TPP dari Konsep Dekonsentrasi

Rabu, 23 Mei 2012 09:29:34  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 626
Pisahkan Dana TPP dari Konsep Dekonsentrasi

Dana Dekonsentrasi atau dana transfer daerah merupakan dana yang bersumber dari APBN dan diberikan kepada daerah lewat APBD kota/kabupaten oleh Kementerian Keuangan. Besaran dana dekonsentrasi setiap daerah berbeda, salah satunya dilihat dari besaran Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam setahun terakhir, besaran dana dekonsentrasi juga dipengaruhi oleh besaran alokasi belanja pegawai dalam APBD setiap daerah.

Makin besar alokasi belanja pegawai pada satu daerah maka dana dekonsentrasi yang diterima bakal dikurangi oleh pusat. Sebab ditakutkan dana dekonsentrasi ini akan diambil juga untuk belanja pegawai, padahal harusnya lebih banyak untuk belanja pembangunan. Nah, masalahnya ada daerah yang kebetulan PAD nya kecil sementara belanja pegawainya amat besar. Ini akan menjadi kendala sendiri dalam kaitan pemberian dana dekonsentrasi untuk pemberian TPP bagi guru yang bersertifikat. Tidak sedikit yang akhirnya meminta bantuan dana dari APBD Provinsi.

Idealnya, alokasi dana dekonsentrasi untuk TPP Guru Bersertifikat dilepaskan penghitungannya dari alokasi keseluruhan dana dekonsentrasi untuk daerah. Sebab sejatinya dana TPP memiliki hitungan yang jelas dilihat dari jumlah guru yang sudah mendapat sertifikat. Jika penghitungannya disatukan dengan alokasi umum pemberian dana dekonsentrasi, besar kemungkinan dana daerah dalam APBD tidak cukup. (*)

Baca "Topik Utama" Lainnya

Komentar Anda