Beranda Edupedia Resensi Buku Inspirasi Meraih Kesuksesan dari Seorang Handicap

Inspirasi Meraih Kesuksesan dari Seorang Handicap

13
0
BAGIKAN
I Am The Best, I Am The Winner

Koranpendidikan.com – Menjadi yang terbaik dan pemenang merupakan hasrat setiap manusia dalam menjalani drama kehidupan. Kesempurnaan dan potensi yang ada pada manusia adalah bekal dalam menyikapi perubahan dalam dimensi kehidupan. Kesiapan dalam menyambut perubahan merupakan konsekwensi logis yang perlu dibangun dan di bentuk sejak dini sehingga terbentuk pribadi pemenang sejati.

Buku I Am The Best, I Am The Winner, karangan Hermes Fortune mengulas secara gamblang, tentang kiat-kiat meraih kesuksesan dalam kehidupan yang diangkat dari pengalaman pribadinya, dimana keterbatasan fisik (handicap) tidak menghalanginya untuk berkarya dan menjadi yang terbaik. Terbukti, dia menjadi orang handicap pertama di Indonesia yang meraih sabuk cokelat aikido dari Institut Aikido Indonesia, selain itu dia juga mencalonkan untuk mengambil sabuk hitam (Dan 1) internasional di Suginami, Aikikai, Jepang.

Menurut Hermes, karakter pemenang tidak dilahirkan secara instan, namun melalui proses dan rentetan ujian yang panjang. Karakter pemenang berawal dari mimpi yang besar, karena dengan mimpi yang besar sebenarnya kita telah meraih 50% keberhasilan dalam tujuan hidup, sisanya 10% adalah strategi dan 40% melakukan strategi dengan tepat dan pantang menyerah (halaman 38).

Selanjutnya, setelah memiliki mimpi yang besar dan spesifik, anda perlu melakukan stimulus untuk meraih impian. Yaitu, membaca buku motivasi, mengikuti training motivasi, mendengarkan kaset-kaset positif, bergaul dengan orang-orang yang memiliki impian yang sama dengan anda, dan berusaha mengerti sistem kerja alam bawah sadar (halaman 44-46).

Impian besar akan tercapai jika seseorang berkarya dengan rajin, kerja cerdas, bersabar dan bijaksana. Namun, tetap tidak melupakan hubungan pribadi yang baik, baik dengan tuhan, dengan kedua orang tua, maupun hubungan dengan teman. Manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan, mengenal potensi ini sangat mendukung akan tercapainya kesuksesan.

Hermes mengklasifikasikan metode meraih impian sejati terhadap lima metode, dimana metode ini telah dialakukan dan terbukti berhasil, yaitu. Pertama, berpikir sekali dan bertindak seribu kali, dengan hanya berpikir dan tidak melakukan tindakan, maka impian itu akan berakhir pada pemikiran saja tanpa eksekusi.

Kedua, kejar satu impian terlebih dahulu, fokuskan satu impian, karena orang optimis bukanlah orang yang jago dalam membuat impian, tapi orang yang sanggup bertahan dalam mengejar satu impian sehingga impian itu terwujud. Ketiga, bertanggung jawab atas impian, pertanggung jawaban ini dibuktikan dengan kesiapan mental dan niat menggunakan impian tersebut  untuk bisa membantu sesama bukan pamer dan merasa diri paling hebat.

Keempat, angkat piala kemenangan, yaitu dengan meningkatkan jiwa kepemimpinan yang ketat bagi diri sendiri, menentukan arah tujuan hidup, hingga memperbaiki menegement diri. Serta meninggalkan hal yang tidak ada hubungan dengan capaian hidup Anda. Kelima, rendahkan hati dan teruslah belajar. Kerena rasa sombong dan sifat negatif lainnya hanya akan membawa pada kehancuran (halaman 89-125).

Selain itu, yakini dan berpikir positiflah bahwa impian Anda akan tercapai, dengan begitu alam bawah sadar akan mengirimkan sinyal tersebut kepada tuhan, kenali kelebihan dan kekurangan Anda, jangan melihat anda saat ini tapi lihatlah anda dimasa yang akan datang,  (halaman 135).

Jangan terlalu lama melakukan pertimbangan, karena itu akan menimbulkan rasa takut, bahkan bisa membatalkan rencana. Jangan pernah percaya dengan bakat turunan dan hoki, bakar semangat anda untuk meraih cita-cita dan kesuksesan.

Buku setebal 184 halaman ini mampu membakar semangat serta memacu para pembaca untuk berkarya dan menjadi yang terbaik, Hermen lewat kegigihan dan perjuangannya ia mampu menepis bahwa orang cacat tidak bisa berkarya dan menjadi yang terbaik.  Penggunaan bahasa yang sederhana menjadikan pembaca, mudah memahami. Serta kutipan motivasi pada setiap pergantian bab memberi efek relaksasi yang mampu menyergap emosi para pembaca, buku sangat cocok dinikmati oleh semoa orang, khusunya bagi orang yang selama ini kurang percaya diri dengan potensi yang ada pada dirinya. semoga memberi perubahan pada diri dan bangsa ini, selamat membaca!.

Judul : I Am The Best, I Am The Winner
Penulis : Hermes Fortune
Penerbit : Metagraf (Tiga Serangkai)
Tahun Terbit : Cetakan Pertama, November 2013
Jumlah Halaman : 184 halaman
ISBN : 978-602-9212-80-8
Peresensi : Khairul Amin, Pengurus UKM FDI, dan Penggiat Klub Buku Booklicious, Universitas Muhammadiyah Malang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here