Beranda Edupedia Resensi Buku Terapi Murah Kaya Manfaat dengan Air Putih

Terapi Murah Kaya Manfaat dengan Air Putih

20
0
BAGIKAN
Dahsyatnya Air Putih

Koranpendidikan.com – Air merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup.  Berbagai sisi kehidupan manusia selalu bersinggungan dengan air, mulai sebagai air minum, keperluan mandi, mencuci,  pengairan pertanian, kolam perikanan, sanitasi hingga sebagai sarana transportasi baik di sungai maupun dilaut. Peran sentral inilah yang menjadikan air sebagai kebutuhan pokok manusia, tanpa air makhluk hidup termasuk manusia akan mati.

Air dalam tubuh manusia berperan sangat penting, fungsinya sebagai pelarut zat-zat makanan, melancarkan pencernaan makanan dan mengatur suhu tubuh tak tergantikan. Tubuh yang kekurangan air akan menjadi lemas. Tidak hanya itu, tubuh yang kekurangan air juga akan mengalami gangguan dalam proses pencernaan dan rentan terserang penyakit ginjal. Kekurangan air dalam tubuh juga akan memicu terjadinya dehidrasi atau serangan penyakit tertentu.

Air putih bukan hanya karunia Tuhan, namun lebih dari itu air putih dapat digunakan sebagai obat alami menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan pada manusia. Buku Dahsyatnya Air Putih karya Adi D. Tilong ini menarasikan berbagai fungsi air putih dalam setiap sisi kehidupan. Semenjak zaman nenek moyang kita, air digunakan sebagai media penyembuhan sebelum mengenal obat-obatan medis modern. Kelebihan lain air putih dibandingkan dengan obat medis atau herbal lainnya yaitu molekul air putih mampu menembus atom paling kecil sekalipun dalam tubuh manusia sehingga memungkinkan pengobatan lebih baik dari obat apapun.

Berbagai macam penyakit yang dapat disembuhkan dan dicegah dengan air putih dapat diklasifikasikan menjadi penyakit berat serta penyakit ringan dan harian. Adapun berbagai macam penyakit berat yang dapat disembuhkan dengan air putih adalah kanker (kanker payudara, rahim, darah, paru-paru, hati, prostat, usus besar), tuberculosis (TB/ TBC), hipertensi, diabetes mellitus, arthritis, obesitas, batu ginjal (nefrolitiasis), kegunaan lain dari air yaitu dapat menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol dan mengobati stroke. Sedangkan Penyakit ringan dan harian yang dapat disembuhkan dengan air putih terdiri dari sembelit, asam lambung, ambeien, radang tenggorokan dan sakit kepala.

Cara dan takaran konsumsi air putih sebagai media penyembuhan pun berbeda, tergantung jenis penyakit yang diderita. Misalnya untuk penderita TBC, cara terapinya adalah dengan mengkonsumsi 2 liter atau setara dengan 8 gelas air setiap hari. Lakukan secara rutin kurang lebih selama 3 bulan atau 90 hari. Air putih yang dikonsumsi ini mampu menyembuhkan penyakit TBC dengan cara membasmi kuman penyebab TBC tersebut. selain itu, hal yang paling penting adalah lakukan pula terapi sinar matahari sebab terapi ini mampu membunuh kuman lebih cepat (hal. 61-62).

Fungsi lain air selain sebagai obat alternatif adalah sebagai alat terapi kecantikan. Dari segi kecantikan, air dipercaya mampu mencegah penuaan dini. Air akan selalu menjaga agar kulit selalu lembab, sehingga kulit akan terasa lebih halus dan kenyal. Kondisi ini juga akan menghindarkan kulit dari keriput dan membuatnya terlihat lebih segar dan terlihat tampak awet muda. Selain itu air juga dapat menjaga kesehatan dan keindahan bibir membuat kuku lebih bercahaya serta rambut yang lebih berkilau dan bercahaya.

Yang paling dahsyat, ternyata air putih juga dapat meningkatkan kecerdasan. Bagaimana bisa? Selain memerlukan asupan glukosa, otak juga memerlukan asupan air, terlebih karena sekitar 80% zat penyusun otak adalah air. Agar dapat terus bekerja dengan baik, otak mestinya harus selalu dalam kondisi “basah”. Jika tidak, kinerja otak bukan hanya akan menurun tetapi juga bisa membuat seseorang mudah mengantuk. Hal lain yang kerap kali terjadi saat otak kekurangan air adalah menurunnya kemampuan berpikir (hal. 187).

Selain menguak berbagai khasiat air putih yang masih belum banyak diketahui banyak orang, buku karangan Adi D. Tilong ini juga menarasikan beragam efek samping dari terapi dengan menggunakan air putih. Efek samping tersebut diantaranya adalah sering buang air kecil, dapat memperberat kinerja ginjal jika mengkonsumsi melebihi batasan yang seharusnya, meningkatkan total volume darah, serta menyebabkan muculnya hiponatraemia (kadar garam dalam darah lebih rendah dari yang seharusnya) yang memiliki gejala seperti sakit kepala.

Judul Buku : Dahsyatnya Air Putih
Penulis : Adi D. Tilong
Penerbit : FlashBooks
Tahun Terbit : Cetakan 1, 2015
Jumlah Halaman : 196 halaman
ISBN : 978-602-255-830-9
Peresensi : Fitriana Dwi Andarsari, Mahasiswa Jurusan Manajemen,
Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here