Beranda Edupedia Wacana Wajah Awet Muda Dengan Menanam Pohon

Wajah Awet Muda Dengan Menanam Pohon

120
0
BAGIKAN

Koranpendidikan.com – Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang awet muda? Pasti sebagian besar orang mempunyai keinginan untuk memiliki wajah yang tetap terlihat muda walaupun umur sudah berkata sebaliknya, khususnya bagi kaum wanita. Tetapi pada kenyataannya, sulit untuk mendapatkan hal tersebut karena begitu banyaknya faktor yang menimbulkan penuaan dini pada wajah. Berbagai cara pun dilakukan mulai dari membeli berbagai produk kosmetik anti penuaan, melakukan perawatan di salon dengan biaya yang tidak murah, membuat masker dari bahan alami ataupun buatan yang tidak gampang, sampai melakukan operasi plastik. Semua hal tersebut dilakukan untuk menghindari penuaan dini demi mendapatkan wajah yang awet muda, padahal tanpa kita sadari ada cara yang lebih mudah dan simple untuk mewujudkannya. Jika Anda mulai bertanya-tanya tentang cara apakah itu, maka jawabannya adalah dengan menanam pohon. Bagaimana bisa? Mari kita telisik lebih lanjut.

Wajah merupakan salah satu bagian penting dari tubuh kita yang perlu dan butuh perhatian lebih karena titik pandang pertama seseorang ketika melihat kita adalah pada wajah. Wajah juga merupakan kunci dari tafsiran perkiraan umur, apakah orang tersebut masih remaja, berumur atau sudah tua. Tidak sedikit orang mengeluh tentang masalah-masalah yang terjadi pada wajah, khususnya tentang masalah wajah yang terlihat tua melebihi umur atau biasa disebut dengan penuaan dini. Penuaan dini yang terjadi pada wajah ini banyak sekali penyebabnya, tetapi salah satu penyebab yang paling penting dan jarang disadari oleh kebanyakan orang adalah stres.

Stres merupakan suatu keadaan yang bersifat internal, yang biasa disebabkan oleh adanya tekanan. Efek merugikan dari stres yaitu peningkatan kadar plasma glukokortikoid endogen terhadap fungsi permeabilitas kulit yang menyebabkan terhambatnya proses penghantaran lemak, enzim-enzim deskuamasi dan peptida antimikroba ke celah-celah stratum korneum dimana memiliki peran dalam menjaga permeabilitas dan fungsi pertahanan terhadap mikroorganisme. Ketika proses penghantaran tersebut terganggu maka akan berdampak pada menurunnya permeabilitas kulit wajah serta mudahnya wajah terserang bakteri. Selain itu stres juga menyebabkan kulit wajah kehilangan banyak air sehingga kulit menjadi tidak lembab dan kerja dari sel-sel kulit terhambat. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus maka kulit wajah akan kering, timbul lipatan keriput dan meningkatkan resiko terjadinya penuaan dini pada wajah.

Untuk menghindari terjadinya penuaan dini pada wajah, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah menghilangkan stres. Ketika seseorang terhindar dari stres maka secara otomatis orang tersebut akan memperoleh wajah yang awet muda karena telah mengindari resiko penuaan dini yang mengancam. Dalam salah satu penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa hanya dengan mengingat unsur alam yakni pohon serta tumbuhan lainnya dapat mengurangi serta menghilangkan tingkat stres yang dimiliki seseorang. Pada penelitian lain juga disebutkan bahwa dengan menempatkan pohon di samping jalan raya dapat menghilangkan stres pengemudi yang diukur dari darah tekanan serta denyut jantungnya. Selain itu pada pasien pasca operasi yang melihat pemandangan alam dengan pepohonan di dalamnya menunjukkan kepulihan yang lebih cepat serta membutuhkan obat penahan rasa sakit lebih sedikit dari pada pasien yang tidak melihat pemandangan alam.

Tetapi pada kenyataannya di negeri kita tercinta ini, banyak orang yang tidak peduli dengan keberadaan pepohonan yang semakin lama semakin berkurang jumlahnya. Hanya sebagian kecil orang yang mau menanam pohon serta merawatnya hingga tumbuh besar dan rindang. Padahal dari beberapa penelitian di atas menunjukkan bahwa hanya dengan memandang dan megingat pepohonan saja dapat mengurangi serta menghilangkan tingkat stres yang dialami seseorang. Untuk itu, bermula dari kita yang mau menanam pohon. Kita akan ikut berperan dalam menjadikan alam kembali hijau dimana dipenuhi dengan pepohonan rindang yang akan membuat kita serta orang-orang disekitar merasa tenang ketika memandangnya, terhindar dari stres dan resiko penuaan dini yang mengancam sehingga menjadikan wajah awet muda. Langkah yang mudah dan simple bukan? Hanya dengan menanam pohon kita bisa mendapatkan wajah awet muda, hanya dengan menanam pohon kita menjadikan wajah orang disekitar awet muda. Dampak positif ini bukan hanya pada diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here