Beranda Interaktif Harapan Besar Pendidikan 2012

Harapan Besar Pendidikan 2012

15
0
BAGIKAN

Koranpendidikan.com – SELAIN cerita menggembirakan tentang anggaran pendidikan di tahun 2012 yang terus merangkak naik dibanding tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga menjanjikan sejumlah harapan besar tentang perbaikan wajah pendidikan nasional kita. Setidaknya, dilihat dari  ukuran program-program yang dilancarkan oleh otoritas dunia pendidikan, yakni Kementerian Pendidikan Nasional.

KORAN PENDIDIKAN edisi 394 yang terbit di awal tahun 2012 ini akan mengulas beberapa program besar yang akan dijalankan dalam membangun pendidikan. Ulasan lebih sebagai pengayaan referensi, pandangan, dan analisa atas rencana program pendidikan mendatang, dan bukan pada evaluasi sepanjang tahun 2011.

Sebenarnya banyak program besar yang dijalankan pada 2012, namun lebih banyak program yang sifatnya berkelanjutan. Seperti sertifikasi pendidik yang memang berakhir pada 2014, begitu juga peningkatan akses PAUD yang memang sudah direncanakan hingga 2015.

Beberapa program yang diulas dalam edisi ini dipilih berdasarkan besaran anggaran dan juga imbasnya yang cukup besar khususnya bagi anak didik pada semua jenjang. Setidaknya ada empat program besar,  pertama, peningkatan jumlah dana BOS SD dan SMP. Direncanakan oleh Kemdikbud bahwa BOS SD dan SMP pada 2012 akan meng-cover 100 persen kebutuhan sekolah, yang sebelumnya hanya meng-cover maksimal 70 persen saja. Hal yang bisa digali adalah,  apa dampak dari peningkatan ini pada biaya pendidikan siswa? Apa dampak dari peningkatan ini pada peran masyarakat? Lalu bagaimana dengan keberadaan BOS daerah yang selama ini ada sebagai pelengkap dari dana BOS nasional?

Kedua, adanya BOS untuk SMA. Mulai 2012, Kemdikbud akan memberikan dana BOS bagi jenjang SMA yang besarannya memang belum banyak, sebab masih tahap awal. Hal-hal yang bisa digali kurang lebih sama dengan di atas, namun dengan jumlah SMA yang lebih sedikit dibanding SD atau SMP, apakah program ini memang benar-benar dibutuhkan secara mendesak oleh sekolah?

Ketiga, beasiswa bagi semua jenjang. Kemdikbud juga bakal menggelontorkan banyak model beasiswa untuk semua jenjang satuan pendidikan, paling kelihatan adalah Bidik Misi yang akan ada kenaikan target dari 50 ribu mahasiswa menjadi 100 ribu mahasiswa. Hal-hal yang bisa didiskusikan antara lain, bagaimana strategi kampus negeri dalam memaksimalkan beasiswa ini, dengan fakta bahwa masih banyak kampus yang tidak mampu memenuhi kuota yang diberikan?  dan apa pula beasiswa yang akan diberikan pada jenjang SD, SMP, dan SMA?
Keempat, penuntasan rehabilitasi gedung SD dan SMP. Ini masih kelanjutan dari program 2011 namun akan lebih maksimal pada 2012 dan ditargetkan sudah tidak ada lagi gedung yang rusak. Hal yang perlu disoal adalah, bagaimana pengelolaan dan pengucuran dana rehab ini?

Nah, sejumlah program besar pendidikan nasional di atas, ditambah program-program yang sifatnya kelanjutan dari kebijakan tahun-tahun sebelumnya, cukup menjanjikan harapan akan wajah dunia pendidikan yang lebih baik di than 2012.
Yang pasti, program bagus tanpa kesungguhan dari yang ‘empunya’ program dan dari seluruh stakeholder dunia pendidikan, bakal sia-sialah jadinya.  Mari kita kawal dengan itikad baik dan komitmen tinggi bagi kemajuan dunia pendidikan kita. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here